Cover Letter Do’s and Dont’s

Posted by Budianto Zhen | Labels: , , | Posted On Senin, 14 September 2009

image Dalam bukunya “Secrets to Successful Job Hunting” (p.55), Kay LaRocca memberikan sejumlah aturan dalam membuat cover letter atau surat lamaran. Aturan-aturan yang sebaiknya digunakan dan dihindari diantaranya:

Cover Letter “Do’s”

  • Tujukan suratmu kepada seseorang secara spesifik, misalnya kepada Bapak Raymond Pratama selaku HRD Manager.
  • Buat surat yang original untuk masing-masing situasi dan pemberi kerja.
  • Bahasa sederhana, kata kerja aktif, singkat dan langsung pada sasaran. Hapus kata-kata yang tidak diperlukan dan cek ulang apakah terdapat pengulangan kata.
  • Tunjukkan bahwa kemampuan anda sesuai dengan kualifikasi yang dicari.
  • Panjang surat jangan melebihi satu halaman. Tiap paragraf hanya mengandung 3-4 kalimat.
  • Beritahu bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi dan memenuhi kebutuhan pemberi kerja.
  • Tuliskan prestasi dan pencapaian yang membuat Anda lebih baik dibandingkan pencari kerja yang lain.
  • Pastikan surat Anda menjawab pertanyaan calon pemberi kerja ketika membaca surat Anda: “Mengapa Saya harus menerima Anda?”
  • Jangan menghasilkan kesan negatif pada surat Anda.
  • Pastikan Anda telah menyertakan semua informasi kontak Anda, seperti telepon rumah, ponsel, dan alamat e-mail.
  • Surat lamaran via e-mail sebaiknya lebih pendek dibandingkan surat lamaran via pos.

Cover Letter “Dont’s”

  • Jangan mengirim resume/CV tanpa surat lamaran.
  • Jangan memulai paragraf pertama dengan basa-basi yang membosankan. Langsung berikan alasan mengapa Anda merupakan calon yang paling tepat.
  • Jangan tulis “Anda dapat melihat CV yang Saya lampirkan” ketika penerima surat langsung dapat melihat CV yang dilampirkan. Penerima surat tidak lagi perlu Anda untuk memberitahunya. Kalimat seperti ini merupakan pemborosan.
  • Jangan menunggu pemberi kerja untuk bertindak. Minta diadakan wawancara dan lakukan follow-up (tindak lanjut) kemudian terhadap lamaran Anda. Memakan waktu yang lama apabila Anda menunggu inisiatif pemberi kerja untuk mengadakan wawancara dengan Anda.
  • Jangan mengirim surat lamaran dengan penulisan, ejaan, tata bahasa yang salah, noda atau pun lecek pada kertas.
  • Jangan mengulang semua yang tertulis pada resume. Fokuskan hanya pada aspek-aspek yang penting dan relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.
  • Jangan lupa untuk menandatangani surat, dan usahakan menggunakan tinta hitam.

Secara sederhana, surat lamaran Anda harus dapat memberitahu pembaca tujuan Anda menulis surat, posisi/pekerjaan yang Anda inginkan, apa yang Anda tawarkan kepada perusahaan, dan mengapa Anda tertarik untuk melamar pada perusahaan.

Read more...

Perusahaan Idaman dan Standar Gaji

Posted by Budianto Zhen | Labels: , , , , | Posted On Kamis, 10 September 2009

topcompany Pertama-tama kita mulai dengan daftar 10 perusahaan versi Warta Ekonomi yang dari tahun ke tahun selalu menjadi idaman. Namun, entah mengapa dari tahun 2006-2008 selalu sama ya?? Saya agak menyangsikan apakah data 2007 dan 2008 masih bersumber dari Warta Ekonomi? Namun, 10 perusahaan ini memang tetap pantas disebut perusahaan idaman di Indonesia. Berikut peringkat ke-10 perusahaan itu:

  1. PT Astra International Tbk.
  2. PT Unilever Indonesia Tbk.
  3. PT Bank Central Asia Tbk.
  4. PT Pertamina
  5. PT Bank Mandiri Tbk.
  6. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom)
  7. PT Chevron Pacific Indonesia
  8. PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)
  9. Citibank Indonesia
  10. PT IBM Indonesia

Ke-10 perusahaan di atas merupakan perusahaan idaman, baik dari standar gaji, fasilitas bagi karyawan, lingkungan kerja, program pelatihan, dan pengembangan karyawan. Niscaya, tembusan perusahaan-perusahaan di atas tidak akan mengalami kesulitan mencari pekerjaan di bidang apa pun. Lalu bagaimana dengan standar gaji perusahaan-perusahaan tersebut atau perusahaan-perusahaan lainnya. Berikut list gaji di Jakarta untuk Fresh Graduates yang saya kutip dari Forum Lautan Indonesia:

  • Kantor Akuntan Publik, banyak lembur (biasanya 20 rb/jam) ini yang bikin payroll akhir bulan mungkin besar:
    Pricewaterhouse Coopers 3,5
    Ernst & Young magang 3 juta, permanen 3,5 juta
    KPMG 2,75..Deloitte segini2 juga
  • Manufacturing:
    MT Unilever 7,7
    MT P&G 6an
    MT Johnson & Johnson 6 juta, transpor 600 rb, kalo MT Marketing bahkan katanya dikasih mobil
  • Banking:
    Officer Development Program Bank Mandiri batch Februari 3,3 cuman denger2 batch Juni ini udah 3,8
    Program Pengembangan Eksekutif Bank Niaga 3,5
    Management Development Program BCA 3,75
    Graduate Management Associate Program PermataBank - 5 Global Market Academy - 6
    Resident Management Trainee HSBC 6an
    International Graduate Standard Chartered 6,5
    CTO (MT local) Stanchart 5,1 nett
    BRI kalo ga salah 2,7an tapi bonus 8 x gaji setahun
    Danamon:
    trainee (3 bln) 950.000
    junior staff (krg dr 1 thn) 1.2 jt
    senior staff (lbh dr 1 thn) 1.4 jt
    team leader 1.8 jt
    supervisor 2.5-3.5 jt
    asisten manajer 4-5 jt
    manajer 6-7 jt
    branch manager 8-10 jt
  • Oil & Mining, MT
    Total E&P Jakarta 5 Balikpapan 8
    Conoco Philips 5
  • Sekuritas
    MT Danareksa 4,5 tapi disesuain ama jenjang pendidikan S1, S2 dll
  • Consulting
    Accenture 5,2an cuman uang transpor ke klien gedeee banget 300 rb/hari
    McKinsey 7/8, tapi uang lembur juga gede
    AT Kearney 15 juta, ga ada uang lembur lagi
  • Dep. Keuangan start 3.5 juta untuk D1
    Dep. Luar Negeri S1 Atase gaji standar dollar
    Kejaksaan Start 3,5 juta untuk S1

Semoga informasi ini cukup berguna dalam memberikan gambaran dunia pekerjaan dan masa depan Anda. Saya sendiri akhirnya penasaran dengan tes masuk di PT Astra Internasional, Tbk. yang melalui serangkaian tes, bahkan sampai 3x interview! Sukses maupun tidak tentunya tetap memberikan pengalaman yang berharga. Kita tidak pernah tahu sebelum mencoba kan?

Read more...

Perlunya Jual Mahal dalam Mencari Pekerjaan

Posted by Budianto Zhen | Labels: , , | Posted On

TomExpert Apa sih pertimbangan Anda dalam mencari pekerjaan? Kebanyakan teman saya menjawab berdasarkan besarnya gaji yang akan diterima dan bonafit tidaknya suatu perusahaan? Lalu, sewaktu ditanya maunya bekerja dimana? Kebanyakan akan menjawab, “Dimana saja dech asal gajinya lumayan. Sudah untung masih dapat kerjaan!”

Apakah Anda sadar bahwa Anda akan terikat kontrak kerja yang cukup lama dalam pekerjaan yang mungkin tidak Anda senangi? Dalam pekerjaan yang menyia-nyiakan bakat dan keahlian Anda? Mungkin Anda akan berkata bahwa Anda membutuhkan uang segera dan tidak ada lagi lowongan pekerjaan lainnya. Sudah bagus masih bisa bekerja. Padahal sebenarnya lowongan pekerjaan selalu ada setiap hari!

Bukan lowongan pekerjaan yang tertutup untuk Anda. Tapi diri Anda sendiri yang tidak pernah membuka kesempatan itu. Pasar tenaga kerja bagaikan pasar komoditi. Pelamar yang satu dengan yang lainnya memiliki kualifikasi yang tidak jauh berbeda. Oleh karena itu, Anda seharusnya tidak lagi menjadi komoditi. Anda harus memiliki keahlian khusus yang Anda benar-benar kuasai. Niscaya tawaran pekerjaan akan selalu datang.

Kebanyakan orang menjalani pekerjaan apa saja yang datang atau berpindah-pindah pekerjaan semata-mata karena pertimbangan gaji. Resume mereka berisi pengalaman di berbagai posisi dan berbagai bidang jenis industri. Mereka berjaga-jaga atas tawaran pekerjaan apa pun yang mungkin datang dan pada akhirnya mereka tidak menguasai, bahkan satu jenis pekerjaan sekalipun. Keahlian mereka tetap pas-pasan untuk bidang pekerjaan apa pun.

Seharusnya Anda memilih satu bidang yang Anda ingin tekuni. Anda harus bisa menjawab pertanyaan “Ingin dikenal sebagai apakah Anda?” Saat Anda telah memilih jenis pekerjaan, jenis industri, posisi yang ingin Anda raih, maka putuskanlah bahwa apapun yang terjadi, Anda hanya akan melakukan sesuatu yang memungkinkan Anda untuk menjadi expert dalam bidang yang Anda pilih itu.

Meskipun itu berarti bahwa Anda harus bekerja banting tulang untuk mempersiapkan diri Anda dalam menjadi expert. Meskipun Anda mendapat penghasilan yang kecil. Cari cara apa saja untuk mengkompensasi pengorbanan jangka pendek Anda untuk menjadi seorang expert dalam bidang yang Anda pilih.

Pekerjaan dimana Anda ingin dikenal adalah pekerjaan yang menyita minat, antusiasme, dan waktu Anda. Anda mungkin rela mengerjakan pekerjaan ini bahkan tanpa dibayar sekalipun. Anda tidak akan berhenti melakukan pekerjaan ini meskipun keesokan harinya Anda mendapat warisan yang cukup untuk tujuh turunan. Semua itu semata-mata karena Anda menikmati pekerjaan tersebut dan proses Anda untuk menjadi semakin baik dan semakin baik lagi.

Tanpa memiliki fokus pada pekerjaan yang Anda paling minati, Anda akan membuang-buang waktu Anda untuk menjadi pas-pasan dalam semua bidang. Pilih satu bidang dan curahkan segalanya untuk menjadi master dalam bidang tersebut. Sebelum Anda memiliki pengalaman lebih dari 5000 jam, Anda bukanlah seorang expert! 5000 jam kurang lebih sama dengan 4 jam sehari selama 5 tahun.

Jangan takut dalam memilih bidang pekerjaan Anda. Selama Anda dapat melihat gambaran ke depan yang ingin Anda raih, berarti Anda masih dalam jalur yang benar. Jangan takut pula salah memilih. Seandainya Anda salah, Anda masih berada dalam lingkaran minat-minat Anda. Anda dapat memulainya kembali untuk mengejar minat terbesar Anda.

Mungkin bidang yang Anda minati terdengar tidak umum dan konyol. Tapi, bukankah dapat dipastikan bahwa di dunia ini setidaknya ada banyak orang yang memiliki minat serupa dengan Anda. Dengan menjadi expert, Anda akan memiliki informasi yang orang lain mau membayarnya untuk itu.

Bagi yang belum bekerja, renungkanlah dalam bidang apa ingin dikenal dan lakukan apapun untuk menjadi ekspert dalam bidang itu. Pilih pekerjaan-pekerjaan yang relevan dengan bidang yang ingin Anda kuasai.

Bagi yang telah bekerja, tinggalkan pekerjaan Anda apabila minat terbesar Anda agak jauh dengan pekerjaan Anda sekarang. Meskipun penghasilan Anda mungkin lebih kecil, Anda bisa mengompensasi dengan pekerjaan sampingan lainnya.

Kedamaian bahwa Anda mengejar hal yang benar jauh lebih besar dari uang yang Anda terima. Apabila bidang favorit Anda tidak terlalu berbeda jauh dengan pekerjaan sekarang, Anda mungkin dapat perlahan mempelajari bidang favorit Anda dan secara berangsur pindah ke posisi baru tersebut. Kemukakanlah keinginan itu dengan atasan Anda.

Orang-orang sukses seperti Bill Gates telah memilih satu bidang, baik sadar maupun tidak sadar, untuk mencurahkan fokusnya dalam satu jenis pekerjaan. Sewaktu muda, Bill Gates hanya tertarik kepada programming dan komputer. Bill Gates juga membentuk lingkungannya sehingga dia selalu dapat berurusan dengan program, baik pekerjaannya di IBM atau kuliah yang dipilihnya. Sehingga tanpa sadar, Bill Gates telah menghabiskan banyak jam dalam hidupnya dan menjadi expert dalam bahasa pemograman dan industri komputer.

Read more...

Membawa Mimpi ke Dalam Kenyataan

Posted by Budianto Zhen | Labels: , , | Posted On

Kita semua tentunya mempunyai mimpi dalam hidup. Dalam otak seringkali kita memutar gambaran kehidupan yang jauh lebih baik dari kenyataan saat ini. Sany memimpikan rumah besar dengan kolam renang. Heri memimpikan garasi mobil yang dapat memuat 8 mobil Porsche. Joni memimpikan asyiknya melukis di tepi pantai.

Namun, kemungkinan besar Sany, Heri, dan Joni tidak akan pernah mendapatkan apa yang mereka impikan. Mereka hanya terus dan terus memutar gambaran mental tersebut dalam otak mereka ataupun membahasnya dengan teman-teman atau keluarga mereka.

Kebanyakkan orang mempunyai mimpi yang sempurna tentang kehidupan tetapi menjalani kenyataan yang sama sekali berbeda dengan mimpinya. Hal ini merupakan masalah ketika kesenjangan antara mimpi dengan kenyataan membuat mereka menjadi tidak bahagia dan depresi.

Ketika ketidakbahagiaan terasa dalam hidup, maka kamu harus segera membuat master plan untuk kehidupanmu. Dan langkah pertamamu adalah menetapkan tujuan hidup.

Tujuan/sasaran berbeda dengan mimpi/khayalan. Ada 4 hal yang membedakan, yakni sasaran itu spesifik, dapat dikerjakan, berorientasi waktu, dan realistik.

Spesifik: Menjadi kaya adalah mimpi. Memiliki kekayaan Rp 10M adalah sasaran.

Dapat dikerjakan: Memenangkan togel adalah mimpi. Memenangkan kompetisi adalah sasaran.

Berorientasi waktu: Memiliki kekayaan bersih Rp 10M adalah sasaran. Namun, memiliki kekayaan bersih Rp 10M dalam 5 tahun adalah sasaran yang lebih baik.

Realistis: Memiliki kekayaan bersih Rp 10M dalam 5 tahun mungkin dapat diwujudkan. Memiliki kekayaan bersih Rp 10M dalam 4 bulan mungkin mustahil.

Master Plan-mu sebaiknya memiliki sasaran 5 atau 7 tahunan dan sasaran tahunan, bulanan, dan sasaran mingguan, dan kemudian, aktivitas harian yang mendukung terwujudnya sasaran jangka menengah dan jangka panjangmu. Sebagai contoh:

Sasaran 7 tahunan: Mengumpulkan kekayaan bersih Rp 10M dalam 5 tahun.

Sasaran tahun pertama: Memiliki penghasilan tahunan Rp 60 juta.

Sasaran bulanan: Mencari pekerjaan dan mendirikan bisnis yang menghasilkan penghasilan Rp 5 juta per bulan.

Sasaran minggu pertama: Mendapatkan panggilan interview pertama dan mengetahui peluang usaha yang sesuai.

Tugas hari pertama: Membuat resume yang baik dan melakukan riset terhadap paling sedikit 2 peluang usaha.

Mulai hari ini! Kamu harus mengerjakan tugas harian yang mendukung tercapainya sasaran mingguanmu, yang kemudian, mendukung tercapainya sasaran bulananmu, yang kemudian, mendukung tercapainya sasaran tahunanmu, yang kemudian mendukung tercapainya sasaran 7 tahunanmu. Semua ini dilakukan secara tertulis dan formal.
Read more...

Nae gaji 100% tiap tahun!?

Posted by Budianto Zhen | Labels: , | Posted On

Ed2010salary_1_thumbnail Kedengarannya mustahil? Tapi, kenyataannya ada loh orang-orang yang bisa ngelipat-gandain incomenya, malahan lipat-tiga-in ato lipat-empat-in income nya.

Gmn caranya? Caranya yah u musti bisa jadi karyawan terbaik. Karyawan yang jelek yah dapat gaji rendah, karyawan rata2 yah gaji rata2, n karyawan baik yah pasti dengan gaji baik. Tapi, u butuh lebih dari baik klo pgn income u nae dengan cepat. U butuh jd karyawan yang ga tergantikan buat perusahaan u.

Hold yourself for a higher standard than anybody else expects of you” (Henry Beecher).

Logikanya gini ja. Misal, u punya kantin. U gaji Andi 500rb buat jaga kantin u. Tiap bulan, u dapat untung bersih 250rb dr tuh kantin. Tiba2, Andi pulang kampung n digantiin sodaranya Dani. Sejak Dani yang jaga, penghasilan bersih u tiap bulan jadi nae 500rb. Menurut u, pantes n berat ga klo u nambahin gaji Dani 50rb lg? Ga lah harusnya.

Trz Dani berenti juga. Sekarang yang jaga jadi Jaka. Sejak Jaka yang jaga, penghasilan bulanan u nae jadi 1jt. Dua kali lipat dari sebelumnya! Pasti dengan gt u bakal naekin gaji dia kan? Kecuali u bego bgt, pst u bkl bae2in dia biar ga berenti kerja. Dr sini kita bisa liat klo kita lebih gampang naekin gaji orang klo d mank jelas2 uda ngehasilin duit bt kita kan?

Lulusan S1 sekarang mungkin bisa dapat gaji rata-rata 2jt sebulan n nae 4-5% tiap tahun. Klo u nabung n investasi abis2an, u bisa kaya juga koq. Tapi paling cepet 40th kmdn yah. Klo pgn cepet kaya, u mst pny target bt naekin penghasilan u min 25%, 50%, atau 100%!

Buat jadi kaya cepet, u mst kuasai keahlian buat ngehasilin profit n u terapin ke sumber penghasilan perusahaan. Buat lebih jelasnya, kerjaan mungkin bisa dibagi 3 menurut Michael Masterson, yaitu:

Administrasi, meliputi posisi2 di manajemen, penyediaan produk, operasi, customer service, n beberapa posisi di bagian keuangan dan akuntansi.
Teknis meliputi posisi2 di bagian IT, hukum, keuangan, dan akuntansi.
Pencipta profit meliputi mereka yang terlibat langsung dalam penciptaan profit perusahaan, seperti marketing, sales, copywriter, pengembang produk baru, n CEO.

Pekerja admin rata2 pasti posisi yang bayarannya paling rendah. Soalnya, kemampuan yang diperlukan bagian ini terlalu umum n banyak bgt orang yang bisa ngelakuinnya. Mungkin, gaji u bisa nae 4-6% klo u kerja bgs bgt??

Teknis biasanya pasti digaji lebih gede dari admin. Pada awalnya sih perusahaan menghargai keahlian dr pekerja teknis ini. Tapi lama2 kan berat jg buat naekin gaji bagian yang jelas2 ga secara langsung ngehasilin duit bt perusahaan.

Pencipta profit uda pasti yang biasa digaji paling gede. Kerjaan kayak gini yang musti kita lakuin klo mo cepet kaya. Selaen gajinya gede, kemungkinan u buat dapat pembagian keuntungan jg terbuka. Pencipta profit terdiri dari bagian penjualan, marketing, pengembangan produk, dan manajemen profit.

Mulai sekarang u musti terus pelajari skill2 yang diperluin posisi pencipta profit ini. Buat komitmen buat segera nerapin dalam kerjaan u sekarang. Lakuin lebih banyak pekerjaan secara sukarela. Bos bakal ngeliat u sebagai karyawan yang punya motivasi n pgn maju.

Cari tau juga siapa karyawan yang hasilin profit paling banyak buat perusahaan. Pelajari mua yang  u butuhin buat posisi itu. Banyak2 tanya n banyak2 baca. Klo u ud ngerasa siap, bilang ma bos u klo u pgn pindah ke bagian itu. Kasi tau klo u bakal lebih bae di bagian yang baru itu n klo u ud belajar banyak di waktu senggang u bt posisi itu.

"To be worth a $10,000 raise to me, you must be able to produce at least $100,000 worth of extra value to the company's bottom line." (JSN)

Klo u pgn gaji u nae $10,000, maka u mst lebih dulu nambahin profit perusahaan sebesar $100,000. Apa u ud ngerasa menuhin itu selama ini? N itu pun ga cuma sekali ja. Tiap tahun u musti bisa ciptain profit bt perusahaan u.

U mst tau gmn perusahaan u hasilin profit, gmn kerjaan u berkontribusi ma penciptaan profit perusahaan, n gmn biar hasil kerja u terus n terus hasilin lebih bnyk profit bt perusahaan n jgn lupa bt ngasi tau atasan u atas perkembangan kinerja u.

Read more...